Kamis, 27 Oktober 2011

tugas Sistem Informasi Manajemen

PENINGKATAN FASILITAS JURUSAN UNTUK MEMENUHI KOMPETENSI LULUSAN YANG BERKUALITAS      
I. TOPIK
” Peningkatan Fasilitas Jurusan Untuk Memenuhi Kompetensi Lulusan yang Berkualitas”
II.        LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi saat ini, teknologi telah menyentuh segala aspek kehidupan termasuk dunia Pendidikan. Hal tersebut bukan merupakan suatu yang baru lagi. Dengan adanya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sumber daya manusiapun dituntut untuk dapat menuju kearah tersebut.
Setiap lulusan dari sebuah perguruan tinggi harus memiliki kompetensinya masing-masing. Begitu pula halnya dengan lulusan Akademi Manajemen Informatika dan Koputer  (AMIK). Lulusan yang berkualitas dan berdaya saing serta memiliki kompetensi di bidangnya, tentu akan memberikan hal yang berbeda pada dunia pendidikan. Sebagai mahasiswa AMIK yang masih aktif, diharuskan untuk menguasai beberapa kompetensi untuk menjadi seorang teknolog .
Untuk memenuhi kompetensi tersebut, ada banyak hal yang perlu dibenahi oleh para mahasiswa itu sendiri, mulai dari cara belajar sampai pada menggali sendiri kemampuan mereka. Akan tetapi bukan hanya mahasiswa saja yang harus berbenah diri, jurusan pun harus turut berbenah, salah satunya dengan memberikan fasilitas yang menunjang perkuliahan. Keberadaan fasilitas jurusan yang masih kurang mendukung inilah yang mencetuskan ide topik seminar “Peningkatan Fasilitas Jurusan Untuk Memenuhi Kompetensi Lulusan yang Berkualitas”. Dengan harapan bersama-sama untuk meningkatkan fasilitas di jurusan.
III. TUJUAN
Adapun tujuan dari diadakannya Seminar Akademik Teknologi Pendidikan ini adalah sebagai berikut.
  1. Mensosialisasikan beberapa Kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang Teknolog Pembelajaran
  2. Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang fasilitas pendukung perkuliahan yang diberikan jurusan, serta mengetahui kekurangan-kekurangan fasilitas tersebut dalam pemenuhan kompetensi lulusan
IV.       METODE
Dalam meningkatkan pemahaman tentang  kompetensi seorang teknolog pembelajaran, dan pemaparan fasilitas pendukung perkuliahan mahasiswa, metode yang digunakan dalam seminar ini adalah sebagai berikut.

  1. Ceramah.
Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik. Dalam ceramah diuraikan kerangka materi secara lengkap, jelas, mudah dipahami, dan aplikatif. Metode ceramah dalam seminar dan pelatihan ini diusahakan untuk menghindari pemahaman teoritis yang berlarut-larut dan lebih menekankan pada contoh-contoh kasus beserta pemecahannya. Waktu penyajian materi 90 menit, dilanjutkan dengan Tanya jawab dan diskusi
  1. Diskusi.
Diskusi berlangsung dalam bentuk tanya jawab. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membahas, mempertanyakan, menggarisbawahi, memberikan masukan, dan  memperdalam materi yang diceramahkan. Metode ini diberikan porsi waktu yang lebih banyak daripada ceramah.
V. JADWAL KEGIATAN SEMINAR/SUSUNAN ACARA.
Dilaksanakan Pada:
Hari/tanggal    : 24 Oktober 2011
Pukul               : 08.00 WIB – selesai
Tempat            : Gedung Aula Bina Saran Informatika (Lantai 5)
Susunan Acara:






















NO.
WAKTU
(wib)
KEGIATAN
TEMPAT PELAKSANAAN
PELAKSANA
1
07.00 – 08.00
Regitrasi panitia
Aula BSI
Sie. Kesekretariatan
1
08.00 – 09.00
Registrasi peserta
Aula BSI
Sie. Kesekretariatan
2
09.00 – 10.00
Pembukaan
-    Pengantar dari Pembawa Acara
-    Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
-    Doa
-    Laporan Ketua Panitia
-    Sambutan Ketua Jurusan TP
Aula BSI
Sie. Acara
3
10.00 – 10.15
Istirahat (snack)
Aula BSI
Sie. Konsumsi
4
10.15 – 11.45
11.45 – 12.45
Penyajian Materi
-     Penyaji 1 (Pemaparan dan penjelasan Kompetensi Lulusan D3 (AMIK)
-     Penyaji 2 (Pemaparan Fasilitas jurusan beserta kekurangannya)
Aula BSI
Pemakalah
5
12.45 – 13.30
Istirahat Makan Siang
Aula BSI
Sie. Konsumsi
6
13.30 – selesai
Penutupan
Aula BSI
Panitia
VI. ANGGARAN BIAYA
RINCIAN DANA
Sie. Kesekretariatan
-          Sertivikat panitia 30 x Rp 1.500                                     Rp.   45.000,-
-          Sertivikat peserta 60 x 1.000                                          Rp.   60.000,-
-          Tinta print dan kertas                                                     Rp. 100.000,-
-          Id card                                                                            Rp. 100.000,-
-          Foto copy surat surat dan brosur                                    Rp.   50.000,-  +
Rp. 355.000,-
Sie. Perlengkapan
-          Baligho   1 x Rp   50.000,-                                          Rp.     50.000,-
-          Spanduk 1 x Rp   80.000,-                                          Rp.     80.000,-
-          Transportasi                                                                 Rp.1.000.000,-
-          Baterai kotak                                                               Rp.     80.000,-+
Rp.1.210.000,-
Sie. Humas & Dokumentasi
-          Baterai                                                                         Rp.    50.000,-
-          Cuci cetak                                                                   Rp.  150.000,-
-          Kaset handycam                                                          Rp.  100.000,-
-          Transfer + editing CD 2 x 75.000,-                             Rp.  150.000,- +
Rp.  450.000,-
Sie. Konsumsi
-          4 Dus Air mineral 4 x @ Rp. 15.000                          Rp.      60.000
-          15 Air mineral 600ml 15 x @ Rp. 2.500                     Rp.      37.500
-          20 snack kotak 20 x @ Rp. 4.000                               Rp.      80.000
-          20 nasi kotak 20 x @ Rp. 10.000                                Rp.    200.000
-          70 snack bungkus 70 x @ Rp. 3.000                          Rp.    210.000
-          70 nasi bungkus 70 x @ Rp. 5.000                             Rp.    350.000+
Rp.    927.500,-
+
TOTAL                       Rp. 2.942.500,-
VII. KEPANITIAAN
Panitia Pengarah
1.  Drs. Triadi Widianto
2. Drs. Fuad Zulkarnain
Panitia Pelaksana
Ketua Panitia              : Didik Meiwanto
Sekretaris                    : Maya Fitriyatna Sukma
Bendahara                   : 1. Ina Maryani
  2. Sunarni
Sie. Acara : Diaz Anggraini
Sie.Bidang Kesekretariatan : Budi Pramono
Sie. Bidang Humas & Dokumentasi : Siti Mahmudah
Sie. Bidang Tempat dan Perlengkapan : Jilly Nur Fitriati
Sie. Bidang P3K : Wiwi Anggraini
Sie.Bidang Konsumsi : Munfiqotul Ulya                
VIII. INFORMASI PESERTA SEMINAR
Adapun undangan dari kegiatan ini adalah Ketua Jurusan Teknologi Pendidikan, Sekretaris Jurusan, Ketua Lab Jurusan Teknologi Pendidikan, Pegawai Lab Jurusan Teknologi Pendidikan, Dosen Di Lingkungan Jurusan Teknologi Pendidikan dan peserta dari kegiatan ini adalah Mahasiswa Teknologi Pendidikan Semester V dan VI.